Senin, 20 Juli 2015

Yes, I'm an Introvert (The Power of Introvert)

"Sebagai seorang introvert yang tak mudah menceritakan perasaan pada orang-orang di sekitaran, menulis ternyata sangat manjur mencegahku dari kegilaan yang sebenarnya."

Seseorang yang tenang, suka menyendiri, tidak suka aneh-aneh saat di foto, terlihat nyaman dengan beberapa teman dekat saja, terkesan sedikit kaku, terkesan tidak gaul, menjawab pertanyaan dengan singkat, takut ke acara yang penuh orang dan lain sebagainya.

Ada sosok penyendiri di antara orang-orang yang sedang bergumul. Ada sosok pendiam di antara sekelompok orang yang sedang berinteraksi. Ada sosok yang terlihat serius di tengah keadaan yang tenang. Ada juga sosok yang terlihat acuh di tengah suasana yang tegang. Sosok ini berbeda, tak seperti kebanyakan orang. Namun ia bukanlah pemalu ataupun seorang yang berpenyakit, tetapi ia justru sedang memerhatikan. Ia senang menganalisa keadaan. Ia seorang Introvert. –dikutip dari kompasiana-

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoe6DXxVMs4Bm-PWbBaTJP0zg5wmeDfXykUsSMiBQ02qmAcFWw7RPFJeNF810zNigOHEWue483aIvJp8uf6C1x_jUEEkvowgHVeJOFyJfq39K_pBGOunJ3Ter4EnkazUQkNvG_egjO7GI/s1600/the-power-of-introverts-L-09nPwa.png 

Introvert adalah sebuah sifat dan karakter yang cenderung menyendiri. Mereka adalah pribadi yang tertutup dan mengesampingkan kehidupan sosial yang terlalu acak. Seorang Introvert lebih fokus kepada hal yang bersifat psikis daripada fisik. Mereka senang menjelajahi ruang pikirnya, mereka membaca buku, menonton tayangan yang dapat mengasah otak, karena mereka haus dengan segala hal yang berbau informasi. Ahli psikologi sekelas Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist mengatakan bahwa, orang-orang Introvert adalah orang dengan kreatifitas berkelas nomor satu. Faktor ini terjadi karena mereka dapat menyelam penuh ke dalam pemikirannya.

Kepribadian manusia secara garis besar dibedakan menjadi dua, extrovert and introvert. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun sayangnya, banyak anggapan yang berkembang di masyarakat yang menyebut bahwa introvert diidentikkan sebagai kepribadian yang cenderung negatif.

Tidak hanya itu, ada banyak sekali anggapan atau asumsi masyarakat yang bertentangan dengan kepribadian introvert. Menghindari kontak sosial dan selalu terlihat minder dan bodoh adalah sedikit definisi mengenai orang-orang introvert. Padahal, faktanya tidak demikian.

  
Bagaimana ciri-ciri seorang introvert itu sendiri? Mitos atau Fakta??

Mitos : Pemalu & Jarang Bicara
Fakta : Berbicara dan Berinteraksi Seperlunya

Sebenarnya ini tidak benar. Orang introvert bukan tidak suka bersosialisasi, tetapi mereka tidak suka basa-basi hanya berbicara sesuatu yang ingin mereka katakan dan menurut mereka penting. Tapi,jika orang introvert sudah bertemu dan membicarakan topik kesukaannya, mereka akan berbicara terus tanpa henti.
Selain itu Introvert bukannya pemalu, mereka tidak takut untuk berinteraksi kepada orang lain, tetapi mereka hanya berinteraksi kepada orang lain jika mereka punya alasan dan penting bagi mereka. Maka dari itu jika ingin mengajak bicara seorang Introvert, biasanya lawan bicara yang terlebih dahulu-lah yang membuka percakapan dan biasanya orang Introvert ini juga membalas percakapan seperlunya saja. Tapi perlu diingat juga! Orang-orang Introvert tidak suka orang pencari sensasi dan perhatian.


Mitos : Tidak Menyukai Hubungan dan Selalu Ingin Sendirian
Fakta : Memegang Teguh Persahabatan dan Tulus
Orang Introvert bukan tidak ingin memiliki hubungan, tetapi mereka sangat menghargai jika mereka memiliki hubungan khusus dengan sedikit orang. Menurut mereka, semakin sedikit teman maka semakin sedikit masalah yang ditimbulkan, mereka lebih suka fokus dan memperhatikan teman-teman yang memang mengerti mereka. Jika beruntung memiliki atau dianggap sahabat oleh orang Introvert, maka Anda akan memiliki sahabat yang sangat setia dan akan diterima keberadaanya oleh mereka. 
Karena itulah, orang introvert lebih suka sendirian dan tidak banyak jalinan, karena orang Introvert sangat nyaman dengan fikiran mereka sendiri, dan memiliki banyak pencapaian, tetapi mereka juga membutuhkan orang untuk berbagi mengenai apa yang mereka telah capai. Seorang introvert sangat menghargai teman yang mereka miliki. Meskipun mempunyai sedikit teman, mereka akan menghargai dan mencintai teman mereka dengan sepenuh hati. Bahkan, jalinan persahabatan mereka akan bertahan selama seumur hidup. Karena itulah orang Introvert sangat setia dan tulus kepada orang yang mereka anggap sahabat.


Mitos : Tidak Suka Tempat Umum dan Aneh
Fakta : Tidak Suka Terlibat Kegiatan Publik dan Unik

Orang-orang Introvert bukan tidak suka pergi ke tempat umum, tetapi mereka tidak suka berada di tempat Publik untuk waktu yang lama karena mereka tidak ingin terlibat dalam berbagai kegiatan publik yang ramai dan penuh kesibukan karena cara kerja otak mereka berbeda dengan orang Ekstrovert. Orang Introvert mempunyai saraf yang sangat sensitif terhadap Neuotransmitter, atau lebih dikenal dengan Dopamine, mereka tidak menyukai adrenalin dan pencari sensai, jika mereka terlalu banyak pembicaraan dan kebisingan, justru mereka akan melemah dan tenaga mereka justru akan cepat terkuras. Mereka akan segera bergegas pulang untuk mengisi ulang energi mereka.
Introvert merupakan orang Individualis, mereka tidak suka mengikuti apa yang sedang populer atau yang masyarakat sebut trend. Cara hidup mereka yang tertutup dan tidak mengikuti trend ini-lah yang menjadikan mereka mempunyai pendirian yang kuat dan tak mudah terpengaruh, selain itu mereka-pun mempunyai dan membuat Trend sendiri untuk diri mereka, mereka lebih suka hidup dari sesuatu yang mereka anggap keren, oleh karena itu Introvert sering disebut aneh oleh masyarakat karena kepribadiannya yang tidak seperti masyarakat umum.

Mitos lainnya...

*Introvert kasar Introvert sering tidak melihat alasan perlunya untuk berbasa-basi sosial. Mereka ingin semua orang mengatakan fakta dan berbicara jujur. Sayangnya, hal ini tidak diterima di kebanyakan situasi, sehingga introvert merasakan banyak tekanan untuk menyesuaikan diri, dan bagi mereka ini melelahkan hingga akhirnya berujung kecewa.

*introvert tidak bisa sukses
Jika seseorang berusaha dengan keras maka seseorang bisa sukses, sukses tidak peduli apakah seseorang introvert atau lainnya.

*Introvert itu orang aneh
Introvert memang sering bersikap individualis. Mereka tidak mengikuti kebanyakan orang. Mereka lebih suka melakukan sesuatu dengan cara mereka sendiri. Itulah mengapa terkadang jalan pikirannya tidak populer dan bertentangan dengan aturan.

*Introvert adalah seorang kutu buku
Introvert adalah orang yang gemar melihat lebih dalam, memperhatikan dekat dengan pikiran dan emosi mereka. Ini bukan berarti mereka tidak mampu memperhatikan apa yang terjadi di sekitar mereka, hanya saja dunia batin mereka jauh lebih menarik dan bermanfaat bagi mereka.

*Introvert tidak tahu cara bersantai dan bersenang-senang
Introvert biasanya lebih memilih bersantai di rumah atau di alam bebas, bukan di tempat umum yang super sibuk. Introvert bukanlah tipe orang yang mencari-cari sensasi atau pecandu adrenalin. Jika ada terlalu banyak kebisingan, mereka akan menghindarinya. 

*Introvert dapat memperbaiki diri dan menjadi ekstrovert
Tanpa kehadiran orang introvert, dunia akan memiliki sedikit ilmuwan, seniman, penyair, musisi, pembuat film, matematikawan, dokter, penulis, dan filsuf. Banyak orang hebat di dunia ini yang terlahir dengan kepribadian introvert.
Namun, seorang introvert tidak bisa ‘memperbaiki diri’ mereka sendiri dan kemudian beradaptasi menjadi seorang ekstrovert. Introvert adalah pribadi yang unik dan kita patut menghormati perilaku alami mereka serta kontribusi yang mereka berikan untuk umat manusia.

*Introvert suka duduk dibelakang, menjadi pengamat
*Introvert memiliki imajinasi begitu luas 
*Introvert menikmati masa ketika sendirian
*Introvert lebih memilih grup kecil
*Introvert takut dengan resepsi nikah (semua orang harus diajak bicara)
*Introvert punya sedikit teman
*Introvert sering stress berada dalam kelompok
*Introvert suka mendengarkan daripada berbicara
*Introvert menikmati aktivitas menyendiri
*Introvert perlu ruang pribadi tempat menyendiri
*Introvert mengeluh setelah menghabiskan waktu bersama banyak orang
*Introvert takut membuat kesalahan di depan publik
*Introvert tidak mudah membagi perasaan kepada orang lain
*Introvert menyukai aktivitas kreatif dan imajinatif
*Introvert tidak suka berbicara dengan orang asing

Jika benar kamu seorang introvert, maka kamu harus bersyukur. Kamu telah dianugerahi banyak keunikan, kekuatan, dan kelebihan introvert yang keren. Kemampuan alami yang introvert miliki akan menjadi kekuatan. Kamu harus menyadari kemampuan itu, mengembangkan dan memanfaatkannya.

1. Bakat untuk Disukai
Kami para introvert biasanya jarang bicara, karena lebih senang mendengarkan. Ketika mendengarkan kalian berbicara, kami juga mengamati bahasa tubuh kalian.
Seperti seorang detektif, kadang-kadang kami akan menanyakan sejumlah pertanyaan. Dengan cara itu kami menggali informasi dari kalian secara sembunyi-sembunyi.
Setelah kalian selesai bicara, respon yang kami berikan biasanya cuma “Oh gitu ya”.
Bakat ini membuat kami para introvert, mampu menjadi pendengar yang baik; salah satu dari 10 kepribadian magnetis.
Oleh karena itu, banyak orang yang merasa nyaman dengan kami.

2. Bakat Menulis
Kami para introvert adalah orang yang serius ketika menulis, bahkan jika kami menulis tulisan komedi atau humor sekalipun.
Seperti kalian, kami juga memanfaatkan teknologi dan medsos untuk mem-publish tulisan kami.
Sebenarnya, kami menggunakan skill ini untuk memengaruhi orang lain secara lebih mendalam. Kami menyusun dan mengembangkan argumen dengan baik untuk memotivasi atau tujuan lainnya.
Oleh karena itu, di sekolah atau dimanapun, kami memiliki alur berpikir yang sistematis dan kompleks seperti algoritma program komputer.

3. Bakat Akting
Apa kalian tahu, bahwa kami para introvert suka berpura-pura di depan kalian?
  • Kami tidak peduli dengan ulang tahunmu. Tapi mungkin kami akan ikut berpartisipasi merayakannya.
  • Kami tidak peduli jika kalian ingat atau tidak dengan ulang tahun kami. Dunia tidak perlu tahu hal-hal seperti itu.
  • Kami benci kerumunan orang banyak. Hal itu hanya akan menghabiskan energi kami. Tapi kami akan tetap mengerjakan tugas kelompok bersama kalian.
  • Kami memaksa diri sendiri untuk berpura-pura menyukai wrong person. Kami tahu dengan pasti, siapa orang yang kami suka dan tidak.

4. Bakat Meng-copy Kemampuan Ekstrovert
Kami para introvert bisa meng-copy kemampuan ekstrovert untuk sementara waktu.
Kami bisa menjadi pusat perhatian, host/ MC sebuah acara, ketua acara amal, dsb. Setelah melakukan hal itu, kami akan beristirahat beberapa hari. Pada waktunya, kami siap untuk melakukan copy-paste kemampuan lagi.

5. Bakat Kreatifitas, Out of The Box
Kami para introvert memang sering menghabiskan waktu sendirian. Tujuannya adalah mengisi ulang energi kami. Setelah itu kami akan siap memasuki dunia sosial lagi.
Ketika menghabiskan waktu sendirian, kami layaknya orang yang bermeditasi. Pikiran menjadi lebih jernih dan banyak ide kreatif yang bermunculan.
Dan apa kalian tahu? Sepanjang hari, pikiran kami dipenuhi dengan imajinasi-imajinasi yang beterbangan kesana-kemari.

Jika kami menuangkan ide itu, maka akan menjadi karya kreatif yang out of the box.

6. Bakat Menjadi Pemimpin
Perpaduan poin 1-5 di atas membuat kami menjadi pemimpin yang berpengaruh, meskipun tidak ‘bersuara nyaring’. “Kepemimpinan adalah pengaruh.” (J. Oswald Sanders)

Dan masih banyak lagi lainnya. ~



FAKTA TENTANG INTROVERT.

1. Seorang Introvert lebih aktif dan cakap di dunia Online.
Terkadang seorang Introvert lebih terlihat menonjol di Dunia Online, jika anda seorang Introvert atau mempunyai seorang teman Introvert, jangan heran jika mereka yang terlihat pendiam di Dunia nyata menjadi lebih aktif dan lebih cakap di dunia Maya, bahkan mereka sering tak terkalahkan dalam sebuah perdebatan di forum online. Alasanya adalah, karena Introvert lebih pandai dalam komunikasi secara Tertulis dari pada komunikasi secara verbal langsung. Dan dunia online memberi seorang introvert lebih banyak kesempatan dan waktu untuk berfikir sebelum bicara.
 
2. Seorang Introvert itu Setiakawan.
Mungkin Ekstrovert terlihat memiliki banyak kawan dimanapun mereka berada, karena kebanyak orang tidak membedakan mana yang sahabat, mana teman, atau mana yang hanya kenalan. Tapi Introvert terlihat memiliki sedikit teman, alasanya karena Introvert begitu selektif dalam memilih teman, seperti yang telah dijelaskan di atas, mereka pandai membaca karakter orang, jika mereka telah menjadi teman , maka introvert akan menjadi orang yang benar benar peduli dengan temanya, bagi mereka 10 sahabat lebih baik dari pada 100 ‘teman’.

3. Introvert adalah Pendengar yang baik.
Seorang Introvert lebih cenderung ke seorang Pemikir dari pada seorang Pembicara, orang yang pendiam memiliki lebih banyak waktu untuk berfikir dari pada orang yang banyak bicara, seperti yang dikatakan Stephen Hawking “orang pendiam memiliki pemikiran yang lebih dahsyat.” Begitu pula saat mendengarkan orang lain bicara, mereka lebih sering memperhatikan, ikut berfikir, dan mengobservasi dari pada memotong pembicaraan orang lain. “semakin diam seseorang, semakin banyak hal yang ia dengar.”

4. Introvert adalah seorang Observator yang baik.
Karena diam mereka mengobservasi, mereka menyadari hal yang terkadang tidak diperhatikan orang lain. Mereka juga sering memiliki perasaan yang peka, karena mereka selalu berfikir, mereka lebih mengetahui beberapa hal dari pada Ekstrovert, walau terkadang mereka peka atau tahu, mereka lebih memilih untuk tak banyak bicara.

5. “introvert bisa menjadi orang paling rileks di tengah badai”
Mungkin  yang dimaksud ialah, mereka tipe orang yang tidak mudah panik, mereka tenang dan berfikir untuk menyelesaikan masalah.

6. Introvert menggugah rasa penasaran orang lain.
Faktanya, introvert yang terlihat pendiam terkadang memperlihatkan hal yang luar biasa, hal itu membuat mereka menjadi sosok yang misterius dan sulit dipahami.

7. Introvert tidak suka pembicaraan kecil.
Mereka menghindari pembicaraan yang tidak penting dan terkesan basa basi, mereka tidak mau buang buang waktu dan energi untuk itu, tak jarang mereka tidak membalas sebuah Pesan, tidak mengangkat telpon, atau tidak merespon saat diajak bicara secara langsung.
Jadi walau mereka terlihat Pendiam, bukan berarti mereka polos, bukan berarti mereka pemalu, bukan berarti mereka penakut, tapi mereka adalah pemikir, diam mereka adalah diam berfikir dan observs. Mereka mengetahui lebih banyak hal dari pada yang orang biasa ketahui, tapi mereka berbicara lebih sedikit dari pada yang orang biasa lakukan.

8. “Introverts are a good leaders?”
Yah, walau kebanyak introvert pada kenyataanya lebih suka bekerja sendiri, soliter. Namun beberapa penelitian menujukan bahwa introvert bisa jadi seorang pemimpin yang cakap. Menurut penelitian yang dilakukan di Havard yang masih berkelanjutan, menunjukan bahwa Ketengangan/kesunyian seseorang dapat membuat seseorang mampu memberi empati atau memahami orang lain. Seroang introvert dapat meneliti lebih jauh orang orang disekitarnya dengan observasinya. Peter drucker seorang pendiri management modern mengatakan “The most important thing in communication is to hear what isn’t being said." The best way to lead a collection of people is to understand what drives them. Nah untuk penjelasan lebih lanjut mengenai fakta yang satu ini anda bisa langsung ke sumbernya : blog.hubspot.com

Berikut adalah para Pemimpin dunia dan para tokoh besar yang Berkepribadian Introvert.

SUCCSESSFUL FIGURE AND LEADERS WHO ARE INTROVERTS:

1.Barrack Obama (presiden U.S.A)
2.Marrisa mayer (Yahoo CEO)
3.Warren buffett
4.Hillary clinton
5.Mark Zuckerberg (siapa sih yg gk tahu dia? Facebook Founder)
6.Guy kawasaki
7.Bill gates (pendiri Microsoft)
8.Abraham Lincoln(seriously who the hell around here who doesn’t know about this president)
9.JK.Rowling (penulis Harry potter)
10.Christina aguilera
11.Elanoor Roosevelt
12.Courteney cox
13.ALBERT EINSTEIN (I don’t know why did I wrote this scientist name with capital alphabet)
14.Emma watso
15.Mahatma gandhi
16.Laura Bush

Ya itulah beberapa biografi introvert yang inspiratif, semoga tulisan ini dapat meluruskan pemikiran orang orang terhadap seorang Introvert, bukan meremehkan atau menganggapnya aneh, tapi membantunya mengembangkan jati dirinya.

Jadi siapa saja yang merasa mepunyai ciri-ciri sebagai orang introvert, tidak usah berkecil hati. Jika tidak ada mereka, tidak akan ada itu Seniman, Surtadara, Ilmuwan dan Jenius-jenius lain di dunia, jangan mau dipaksa untuk berubah. Atau untuk yang mempunyai teman introvert, hargailah dia dan berilah dia kesempatan untuk bicara karena jika sudah mengenal dekat teman Introvert, pasti akan menemukan sesorang yang sangat setia, enak diajak ngobrol dan memang menyenangkan untuk bertukar fikiran.

Be Your Self!

10 komentar:

Pemuda 313 mengatakan...

Saya bangga menjadi Introvert :-)

Unknown mengatakan...

Ternyata seperti itu introvert.. :-D
Baru tau..

Aku dan Diriku mengatakan...

yes, I'm Introvert :)

Febrine mengatakan...

I'm introvert

Unknown mengatakan...

Jujur saya bahagia dgn diri saya yg seperti ini


Saya tambahkan ya,atsuko maeda (ex akb48)
Shailene woodley
Emma watson
Kim soo hyun
Kim woo bin
Dan msh bnyk lg
..u know
Mereka it org2 yg cukup bersinar

Unknown mengatakan...

Yes,i'm an introvert :)

Unknown mengatakan...

My lovly is introvert 😊

egar wachyu mengatakan...

Saya mengagumi artikel anda. You know why lah. 😊

sancctuerry mengatakan...

Wah.. Hampir 99% yang kamu sebutin di situ cocok dengan kepribadianku sehari hari.. Dan setelah aku baca artikel ini aku jadi tau lebih banyak tentang introvert, dan itu membuka mata dan pikiranku bahwasanya seorang introvert itu adalah orang yang istimewa dan unik.. Terimakasih ya kamu udah menjabarkan dengan sangat jelas dan lengkap.. Aku kagum dan salut dengan tulisanmu.. Sekali lagi terimakasih, ini sangat menarik dan bermanfaat

Rifki Riyadi Sihabudin mengatakan...

Yes, its me

Posting Komentar